Jakarta X Beauty (JXB) kembali terselenggara pada 28–31 Juli 2022 setelah absen dua tahun akibat pandemi COVID-19. Tidak kurang dari 200 booth merek kecantikan, lokal maupun internasional, yang memenuhi Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC).

Berdasarkan pengamatan Liputan6.com, Kamis, 28 Juli 2022, beauty brands yang berpartisipasi menawarkan keunggulan produk masing-masing. Tdak sedikit dari mereka yang tetap mengandalkan produk berbahan aktif dan langkah perawatan kulit minimalis sebagai jagoan, terutama untuk lini skincare.

Mineral Botanica jadi salah satu jenama lokal yang memboyong tiga serum hero mereka ke JXB 2022. Marketing manager-nya, Mellisa Fortunita, berkata saat ditemui di booth mereka di Hall B, “Ada serum (yang mengandung) Ceremide, Hyaluronic Acid, dan Niacinamide.”

Lebih lanjut, Puteri Indonesia DKI Jakarta 2018 itu menjelaskan fungsi masing-masing serum. “Ceremide ini lebih sebagai anti-aging, lalu Hyaluronic Acid itu melembapkan kulit, dan Niacinamide cocok jadi perawatan pemilik kulit berjerawat dan kemerahan.”

Di samping, Mellisa menyebut bahwa semua produk Mineral Botanica juga menggunakan bahan nabati dan tidak ada hewan yang diuji dalam prosesnya. Sementara itu, ELSHESKIN, yang baru saja re-branding logo mereka, memperkenalkan semata bahan-bahan esensial dalam produk.

Mereka mengklaim menghindari 36 bahan yang tidak diperlukan kulit, seperti oxybenzone, silikon, mineral oil, pewarna, dan pewangi. Sr. Media and Brand Partnership ELSHESKIN, Delia Everlin, mengatakan ketika ditemui di booth mereka di Hall A JXB 2022, “Misalnya, pewangi mungkin enak karena memberi aroma, tapi ternyata itu tidak diperlukan kulit. Jadi, ada tidaknya itu tidak memberi manfaat nyata pada kulit.”