Diskon Akhir Tahun, Simak 4 Tips Belanja agar Tidak Boros

huffingtonpost

Akhir tahun seperti saat ini masyarakat selalu dimanjakan dengan berbagai macam diskon di setiap sudut  pusat perbelanjaan. Sifat boros dan kalap belanja pun perlu sangat diwaspadai. Bila Anda tergiur ingin memanfaatkan kesempatan ini coba lakukan 4 tip berikut agar keinginan belanja Anda terkontrol.

Kata diskon sering sekali menjadi pusat perhatian para compulsive shoppers . Bahkan, diskon yang ditawarkan oleh banyak toko itu memang bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Namun, hal itu pun terkadang menumbuhkan sifat boros karena tergoda untuk membeli barang-barang lainnya.

Untuk mencegah agar Kamu tidak boros saat berbelanja pada momen ini, coba lakukan 4 tips ini. 

readies

1. Tulis barang apa saja yang ingin di beli
Sebelum langsung terjun ke toko untuk belanja, kamu terlebih dahulu harus membuat daftar barang apa saja sebenarnya yang ingin Kamu beli. Ingatlah Kamu harus bisa membedakan mana barang yang menjadi kebutuhan dan barang yang hanya diinginkan saja.

Tentukan barang apa saja yang menjadi prioritas dan bukan barang yang hanya Anda inginkan saja karena hal itulah yang bisa membuat Kamu lebih boros.

2. Survei harga dulu secara online

Sebelum berbelanja memang salah satu hal yang harus dilakukan adalah melakukan survei harga terlebih dahulu. Coba Kamu bandingkan harga dari barang-barang yang akan Kamu beli tersebut di dunia maya.

Saat sudah melakukan survei maka biasanya masyarakat bisa terhindar dari harga yang terlampau mahal meskipun sudah mendapatkan diskon.

3. Jangan mudah tergoda dengan diskon yang diberikan oleh toko

Meskipun Kamu sudah membuat daftar barang yang ingin dibeli dan melakukan survei harga tapi jika masih mudah tergoda dengan diskon yang ditawarkan oleh toko biasanya Kamu malah akan lebih mudah boros nih Teens.

Diskon yang diberikan oleh toko memanglah sangat menggoda, tapi Kamu juga harus ingat apakah memerlukan barang tersebut atau tidak. Jika Kamu hanya tergoda dengan diskon yang besar saja tapi tidak terlalu memerlukan keperluan barangnya nanti Kamu bisa menyesal setelah membelinya. 

4. Bawalah uang tunai yang jumlahnya tak jauh dari budget

Sebelum berbelanja Kamu juga harus memperhatikan jumlah budget Kamu. Berbelanja tanpa menentukan jumlah budget yang dimiliki biasanya lebih mudah membuat masyarakat semakin boros. Ingatlah juga kemampuan ekonomi Kamu dan jangan terlalu memaksakan untuk berbelanja ya.

Saat pergi ke toko untuk belanja lebih baik Kamu juga membawa uang cash yang jumlahnya tak jauh dari budget saja. Jika membawa katu kredit atau debit maka biasanya Anda akan lebih mudah membeli barang hingga jumlah belanjaan bisa melampaui budget yang sudah ditetapkan nih. 

Diskon akhir tahun memang sangat menggoda, tapi masyarakat juga harus lebih berhati-hati saat berbelanja agar tak kalap dan boros. Jadi agar Kamu bisa menghindari boros saat belanja diskon akhir tahun, lebih baik coba dulu 4 tips di atas ya.

Bagaimana Menurut Kamu M People ??

[ Editor : @yuhanekaa | Photo : huffingtonpost, readies,freestocks | Source : bisnis.tempo ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *