Fakta Unik Di Balik Buah Kurma

Selamat menjalankan ibadah puasa M-People, kira-kira puasa kamu masih lancar sampai sekarang kan? Berbicara mengenai bulan puasa, salah satu hal yang pastinya tidak bisa dilupakan adalah buah kurma. Buah yang umum dikonsumsi oleh masyarakat di daerah Timur Tengah ini bisa dibilang telah menjadi buah yang identik dengan perayaan bulan puasa di Indonesia.

sehatmagazine

Di balik tampilannya yang mungil, ternyata buah yang satu ini memiliki khasiat dan manfaat yang sangat besar bagi orang terutama yang sedang menjalankan ibadah puasa. Selain itu masih banyak lagi cerita menarik lainnya seputar buah kurma. Ingin tau apa saja? Berikut adalah fakta unik di balik buah kurma.

Buah Super
Seperti buah-buah pada umumnya, kurma juga memiliki banyak kandungan gizi, zat, dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Di balik ukurannya yang mungil, kurma memiliki banyak kandungan gula alami yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kurma secara rutin mampu meningkatkan kekebalan jantung, membangun massa tulang, meningkatkan sel darah merah, dan menjaga kekebalan tubuh.

tribun timur

Tahan Lama
Umur buah-buahan bisanya tidak tahan lama, dalam hitungan hari setelah matang, buah bisanya akan menjadi busuk dan tidak layak untuk dimakan. Hal ini tidak terjadi dengan buah kurma, karena kurma memiliki kandungan air yang sedikit dibanding dengan buah lain membuat kurma dapat disimpan dalam waktu yang relatif lebih lama. Umumnya buah kurma bisa tahan sampai kurang lebih satu tahun apabila disimpan di ruangan yang sejuk.

shutterstock_271332740

3 Buah = 1 Piring Nasi
Di beberapa negara di Timur Tengah, buah kurma sering digunakan sebagai buah untuk berbuka puasa. Kandungan gula dan kalori yang besar di dalam kurma bisa dengan cepat mengisi kembali energi yang telah hilang selama berpuasa dan membantu organ tubuh untuk kembali bekerja dengan normal.

tribunbogor

Anti Semut
Membiarkan makanan atau buah-buahan manis tergeletak begitu saja di meja merupakan sasaran empuk bagi gerombolan semut. Namun, kamu tidak perlu khawatir dengan buah kurma. Meskipun memiliki rasa yang manis, namun semut tidak menyukai buah kurma.

fimadani

 [ Editor : @endrakun | Photo : Sehatmagz, Istana herbal, Tribun timur, Tribun Bogor, Fimadani | Source : Kurio ]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>