Asal Mula Kata Ngabuburit

Ngabuburit. Satu kata ini sangat identik sekali pada saat bulan Ramadan. Tapi M-People apa itu ngabuburit?

hidayatullah

Istilah Ngabuburit berasal dari bahasa sunda. Kata ‘burit’ (yang berarti senja, sore, atau bisa juga magrib) yang di tambah imbuhan ‘nga’ dan dengan pengulangan awal kata nya sehingga menjadi ‘nga-bu-burit’ atau menunggu waktu ‘burit’. Dan seiring berjalannya waktu, kata ini sudah menjadi istilah atau kata dalam bahasa Indonesia.

puasa

Ngabuburit sering digaungkan di bulan Ramadan. Hal ini mengingat mayoritas penduduk Indonesia menjalani ibadah puasa. Kegiatan ngabuburit yang dilakukan masyarakat pun beragam. Hampir dari setiap daerah memiliki cara dan tradisinya masing-masing.

Di daerah Pantai Kenjeran, Surabaya. Anak-anak disini biasanya mengisi waktu ngabuburit mereka dengan balapan perahu layar. Perahu layar yang dibalapkan itu dibuat sendiri dengan menggunakan kayu, lidi, dan kain atau kertas untuk menjadi layarnya. Selain itu, banyak juga cara ngabuburit yang sering dilakukan anak-anak di Indonesia. Seperti bermain layangan, bermain karet, congklak, momopoli, ular tangga, dan permainan tradisional lainnya.

afikaaa

Di Kota Bandung sendiri, saat ini banyak warganya yang mengunjungi taman-taman di Kota Bandung. Beragam kegiatan mereka lakukan disana untuk menunggu waktu berbuka puasa. Ada yang membaca, berswafoto, bersepeda, dll.

Cycling-in-Flores-Indonesia

beritagar

Semua kegiatan ngabuburit itu sah-sah saja dilakukan, selama kegiatan tersebut positif dan tidak merugikan orang lain, kegiatan ngabuburit juga dapat mempererat tali silaturahmi.

unzipped TV

Tapi jangan lupa, kegiatan ngabuburit lebih baik jika diisi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti memperdalam ilmu agama, bertadarus, atau menghadiri kegiatan ceramah Ramadan.

Selamat menunaikan ibadah puasa ya M-People

[ Editor : @endrakun | Photo : BMH, Hidayatullah, Beritagar, Unzipped Tv | Source : Info Bandung ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>