Cara Menghadapi si Pinokio

Manusia emang nggak pernah luput dari kesalahan. Kesalahan dari msing-masing kita, ditanggung dengan hal yang berbeda-beda juga. Ada yang mau mengakui kesalahannya, ada yang menunda untuk meminta maaf, ada juga yang bohong untuk menutupi kesalahannya atau apa yang udah dia lakuin.

bohong 2

Pasti ada dong, salah satu temen kamu atau bahkan pacar kamu yang suka bohong. Bingung gimana menghadapi si pinokio ini? Coba baca step-step dibawah ini ya

1. Mengetahui Penyebab Bohong

Bohong berawal dari banyak alasan. Ada yang berbohong demi kebaikan, ada yang berbohong karena kepepet, ada juga yang berbohong karena mau ngebelain orang lain. Nah, dari segala macem penyebab bohong ini, kita diajarin buat menganalisa sikap seseorang. Kalo kita udah analisa penyebabnya dia bohong, mesti kamu nggak bakalan cepet naik pitam deh. Hehehehehe.

2. Tahan Emosi, Rek!

Manage emosi kamu ketika udah tau kebohongan yang temen kamu buat. We never know the exact reason, kenapa temen kita bohong. Kalo kamu nggak kontrol emosimu, yang ada malah perdebatan yang panjang banget. Tentunya bakalan ngerusak persahabatan kalian. Mending diemin dulu temen kamu ngomong apa untuk membela diri. Baru kalo udah selelsai, kamu bilang ke temen kamu, that you already know the truth.

3. Skak mat si Bohong!

bohong 1

Ciri-ciri pertama orang bohong adalah ceritanya nggak pernah sinkron. Coba deh kamu jebak dia waktu ngejelasin beberapa hal yang nggak sinkron itu. Disitu kamu langsung skak mat dengan pertanyaan yang memojokkan dia. Pasti temen kamu bakalan keringet dingin, kedoknya udah kebuka. Ups.

4. People were just people

Ibarat boys will be boys, setiap individual orang emang punya sifat yang berbeda-beda. Baik sifat jelek maupun buruk, mesti kita cobabuat perbaikin dan jadi sempurna. Iya nggak? Nah, kalo temen kamu emang udah menjadikan bohong adalah lifestyle-nya dia, yaudah biarin aja. Sekedar kasih advice aja ke dia, jangan sampe kamu merubah personailty orang tersebut yang bikin dirinya juga bingung.

5. Introspeksi Diri

It’s not too late to apologize. Yes, kalo kamu ada willingness buat merubah sifat buruk kamu, rubahlah secepatnya dan perlahan. Nggak mau kan, kamu mengecewakan orang tersayang disekitar kamu dengan jadi pinokio selamanya?

Sebenernya kalo kita udah liat temen kita bohong atau diri kita sendiri bohong, cara paling efektif untuk tidak menjadi pinokio adalah sadar, bahwa kamu tidak hidup sendirian. Kamu hidup sama banyak orang yang nggak suka sama sifat pinokio-mu itu.

Jadi, jangan suka bohong yes?

[ Editor : @nisaekaaa | Photo : Tumblr ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>