Let’s #BeatDiabetes with WHO

Tanggal 7 April di setiap tahunnya, dunia merayakan Hari Kesehatan Dunia. Setiap tahunnya World Health Organization selalu memberikan satu tema yang berbeda untuk mengangkat Hari Kesehatan Dunia. Untuk tahun 2016 ini, WHO mengangkat tema #BeatDiabetes.

Perwakilan WHO South-East Asia Regional Office (WHO SEARO), Sharad Adikary, mengatakan saat ini, diabetes melitus merupakan penyakit kronis dengan beban tinggi. Diabetes bahkan disebut sebagai penyakit terbesar yang melanda negara-negara berkembang. Ada sekitar 3,7 juta penduduk Asia Tenggara termasuk Indonesia meninggal dunia akibat diabetes.

Makanya, yuk mulai dari sekarang kita mencegah dan melawan yang namanya diabetes before it’s too late. Intip 4 cara mencegah diabetes dibawah ini yuk!

1. Mengurangi Porsi Makan

Makan itu kebutuhan tapi yang namanya kebutuhan jangan berlebihan. Makan secukupnya aja. Kalo kamu ngerasa porsi biasa kamu itu berlebihan, monggo dikurangi sesuai kebutuhan tubuh kamu.

2. Olahraga

spell your nameWorkout kecil-kecilan ala cara diatas juga boleh

Olahraga adalah salah satu cara ampuh buat mencegah yang namanya diabetes. Karena dengan berolahraga setiap hari, berat badan kamu jadi terkontrol, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas kamu terhadap insulin. Cukup berolahraga 30 menit setiap hari, udah jadi usaha kamu kok buat mencegah yang namanya diabetes.

3. Jangan Lupa Sarapan

Breakfast is a must! Kalo kamu nggak sarapan, dijamin badan kamu loyo, otak kamu juga nggak sinkron. Bahaya banget nih buat pelajar dan mahasiswa yang nggak kebiasaan buat sarapan. Katanya mau mencegah diabetes, kok males sarapan? Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

4. Stay Away From Stress

positive vibesStress yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah kamu. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan. Jangan lupa bahagia kalo nggak mau stress. Bahagia walau pura-pura masih mending daripada kamu stress terus kena diabetes.

Jadi begitu gaes, buatlah dirimu jadi bermanfaat. Bermanfaat untuk orang lain dan diri kamu sendiri. Jadilah orang yang sehat biar sekitar kamu juga dapet positive vibes. Let’s #BeatDiabetes with World Health Organization!!

[Teks @nisaekaaa | Photo : detik.com, 9GAG]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>